POTRET SEKOLAH PINGGIRAN

Sumber : Dokumentasi pribadi

Foto tertera diatas adalah potret kondisi salah sekolah di pulau Maluku tepatnya di pulau Seram. SMA Negeri 2 Bula salah sekolah di Kabupaten Seram Bagian Timur yang memiliki jumlah peserta didik kurang lebih 200 peserta didik pada tahun pelajaran 2019/2020. Sebagai sekolah yang cukup jauh dari pusat kabupaten, jumlah tersebut dibilang cukup banyak. Tidak mengherankan karena sekolah tersebut satu-satunya sekolah jenjang SMA  di kecamatan Bula Barat sampai dengan sekarang.
    Di SMA Negeri 2 Bula memiliki keragaman yang istimewa. Bagaimana tidak terdapat berbagai macam suku dari anak-anak yang bersekolah disini. Mulai dari penduduk asli orang Seram, suku Jawa, Buton, dan Bali. Kesemuanya karena asal usulnya orangtua mereka bertransmigrasi di dan selanjutnya menjadi suatu populasi penduduk dengan jumlah penduduk yang cukup banyak. Jangan tanya tentang toleransi, sebelum gaung toleransi yang kian marak didengungkan di tahun tahun ini,  SMA Negeri 2 Bula sudah menerapkan sejak lama tanpa diajari secara langsung.
    Fasilitas dan prasarana yang belum lengkap tidak menyurutkan para pendidik dan peserta didik untuk melaksanakan pembelajaran disini. Terbukti bahwa alumni SMA Negeri 2 Bula dari tahun ke tahun menunjukan banyak peningkatan untuk melanjutkan ke perguruan tinggi maupun yang sudah masuk akademi militer. Pada tahun 2018 dengan semangat membara, pelaksanaan UNBK yang baru pertama kali dilakukan SMA ini sukses dilaksanakan. Meski banyak kendala, utamanya adalah pasokan listrik . Bertempat tinggal di wilayah Kab. Seram Bagian Timur mengandalkan PLTD yang mana sering terjadi pemadaman. Semangat pengabdian ternyata tidak akan pernah surut bagaimanapun keadaanya. Semangat para pendidik ! Maju Bersama Mencerdaskan Indonesia !


Komentar